About Kec.Kradenan

Kecamatan Kradenan adalah sebuah kecamatan yang berada diwilayah kabupaten Grobogan, Jawa tengah. Berdasarkan data dari situs resmi pemkab www.grobogan.go.id, kabupaten Grobogan mempunyai wilayah administratif sebanyak 19 kecamatan.

Kecamatan Kradenan di wilayah timur berbatasan dengan kecamatan Gabus, disebelah barat berbatasan dengan kecamatan Pulokulon dan Wirosari, disebelah utara kecamatan Ngaringan menjadi batas wilayah, sedangkan untuk wilayah selatan kecamatan Kradenan berbatasan dengan Kabupaten Sragen.

Kecamatan Kradenan membawahi total 14 ( Empat Belas ) desa/kelurahan. Berikut daftar nama desa/kelurahan yang ada dibawah pemerintahan kecamatan Kradenan :

  1. Bago
  2. Banjardowo
  3. Banjarsari
  4. Crewek
  5. Grabagan
  6. Kalisari
  7. Kradenan
  8. Kuwu
  9. Pakis
  10. Rejosari
  11. Sambongbangi
  12. Sengon Wetan
  13. Simo
  14. Tanjungsari

Sebagian besar mata pencaharian penduduk di kecamatan Kradenan adalah petani, selain ada juga pegawai negeri, pedagang, dan pegawai swasta.

Hamparan sawah yang luas dan tegur sapa senyum dari masyarakat dapat anda temukan apabila anda berkunjung dikecamatan ini. Objek wisata Bleduk Kuwu yang menjadi andalan kabupaten Grobogan juga dapat anda nikmati di kecamatan Kradenan, selain banyak lagi potensi wisata dan pemandangan yang bisa anda temukan di kecamatan Kradenan ini ; seperti Suasana nyaman di waduk Simo dan Waduk Nglangon yang dapat memberikan ketenangan jiwa dan fikiran anda setelah lelah beraktifitas.

Kecamatan Kradenan juga sudah cukup ditunjang oleh infrastruktur yang memadai. Untuk menuju ke kecamatan Kradenan dari arah barat anda dapat melalui jalur utara (Wirosari) dan jalur selatan (Pulokulon) yang akan ketemu di desa kuwu. Untuk dari arah timur anda bisa menuju ke kecamatan Kradenan melalui jalur Cepu yang akhirnya  masuk ke kecamatan Gabus yang selanjutnya akan masuk desa Kradenan. Untuk yang dari selatan jalan alternatif baru melalui kabupaten Sragen akan membawa anda ke desa paling selatan di kecamatan Kradenan yaitu desa Simo. Dan untuk arah utara kecamatan Wirosari akan menjadi titik temu anda untuk seterusnya menuju desa Kuwu.

Kecamatan dengan kodepos 58182 ini juga selalu berbenah diri dari masa ke masa. Tingkat perekonomian yang terus membaik, tingkat pendidikan yang juga meningkat menyebabkan perkembangan pembangunan di kecamatan Kradenan terus membaik. Berbagai fasilitas umum juga sudah terdapat di kecamatan Kradenan diantaranya Stasiun Kradenan, terminal Kuwu, Pegadaian, Masjid, Rumah Sakit dan kantor pos. Dibidang pendidikan kecamatan Kradenan sudah mempunyai satu SLTA Negeri dan 3 SLTP Negeri serta didukung oleh beberapa sekolah swasta yang sudah sangat berkompeten dibidang pendidikan.

Dengan rahmat Allah SWT dan dengan kerja keras dan gotong royong dari seluruh masyarakat kecamatan Kradenan, Semoga kecamatan Kradenan akan selalu melangkah maju menuju kecamatan Kradenan yang “GEMAH RIPAH LOH JINAWI”.

35 Tanggapan

  1. saya sebagai warga kecamatan kradenan ingin meyampaikan pendapat,bagaimana cara menggali potensi perekonomian masyarakat setempat supaya lebih maju?saya sebagai warga perbatasan prihatin, melihat kondisi desa-desa terpencil masih terisolasi karena belum adanya infrastruktur yang memadai,khususnya pembangunan jalan-jalan desa mohon kiranya pemda setempat peduli terhadap kondisi tersebut.sebenarnya kecamatan kradenan itusumber daya alamnya besar, cuma belum tergarap sepenuhnya mari kita bersatu membangun kecamatan kradenan supaya menuju yang lebih baik,saya sebenarnya ada pemikiran,bagaimana setiap desa kita jadikan DESA MANDIRI?kita bimbing organisasi-organisasi kepemudaan,organisasi masjid,organisasi karang taruna serta seluruh masyarakat,untuk menggali potensi perekonomian didesa masing-masing, tugas pemda setempat yang harus giat terjun kedesa-desa memberi penyuluhan dan pengarahan,semoga pemikiran saya ini menjadi acuan untuk membangun KECAMATAN KRADENAN lebih baik.terima kasih

    • duduk bersama cari solusi

      • Semoga semua komentar dan masukan dari pengunjung / warga kec kradenan bisa dibaca dan ditindak lanjuti oleh pihak2 yang berkompeten dibidangnya.., 🙂

  2. kradenan manyoritas petani: dengan luas lahan garapan sempit lebih banyak luas hutene terus piye

  3. aku bersyukur karo kec kradenan krn aku pernah manggon kos di mas hadi sopir saiki toko bangunan, mbah bun, masjid ali imron palang sepur, pak paiman bakul bakso, mas dul jalil bengkel, nardi jemblung bu pat guru sd.selama 9 tahun. salam kanggo wong kradenan kabeh sing kenal karo aku. MUSTAMAM SPD GURU SMP 1 KUWU KRADENAN TAHUN 1990 SD 1999. AMIN

    • Semoga kec Kradenan membawa kenangan indah buat Bapak Mustamam dan senantiasa selalu ingin berkunjung lg..,🙂

    • klw gtu kita ga jauh beda mas,dulu aku tinggal deket situ bahkan klw sholat tarweh aku di musolah ali imron,dan aku juga angkatan 98 smu kradenan,aku tinggal di tpk kradenan dulu mas

    • Saya slah satu anak di2knya pk Mustamam di SMP N 1 KUWU.Salam moga sehat selalu…Amin.

    • wah , kie guru sejarah ku biyen iki. pelajaran favoritku,hehe. kelingan pora yow, niki ALIP klas 3B, agktane Choiriah adik’e bu Mun guru matematika, ( hahaha sik apal tryata aku ). jaman ne mas Muji arianto ( cah pinter2 ki sg disebut) kira-kira begitu lah.. ya mudah2an pak mustamam senantiasa di beri kesehatan, panjang umur,dilimpahkan rezeki nya. atas jasane panjenengan, kulo sak niki duwe buntut ning burine jeneng, ST. hehe. maturnuwun pak guru Ku.

  4. membaca tulisan d atas membuatku teringat waktu KKN tematik PBA d kec.kradenan khususnya desa Bago. walaupun cuma 45 hari, namun kenangan yang akan sulit terlupakan. masyarakatnya yg bersahaja, waduk simo yg asri, keluarga bpk senen hadi (Lurah desa Bago) yg sudah sperti keluarga sendiri…. tentu juga pagelaran tayubnya,serta plumpungannya…haduwh, kangen aku. salam kenal dariku Budi (semarang)

    • Terima kasih Bapak Budi Utomo, Semoga kec kradenan selalu memberikan kesan baik untuk Bapak dan rekan2 KKN yg lain.🙂

    • Puntene mas budi,aslinya jenengan pundi,nek diundang dolan. Gone pak senen lurah maneh saget rawuh. …

  5. Salut untuk kec kradenan, sekalipun saya sudah menetap di betawi, tapi kenangan2 masa kecil tak bisa dilupakan begitu saja……. teruslah berjuang kotaku…… semoga saja ada kesempatan untuk kembali menikmati dan bersama-sama membangun dusun belan,ds kradenan, dan kec kradenen pada umumnya………SUKSES!!!!!…..

  6. saya, catur budi. u. tepat nya saya lahir di dsn,sanggrak ds, kalisari, kec kradenan. sekarang tinggal di bandung (JABAR) saya cuma menyampaikan keprihatinan dusun saya yang mayoritas petani dan buruh bangunan, Yang selama ini semakin terpuruk karena betapa susah nya petani skrng, harga pupuk pada naik, tp harga hsl panen gk ikut naik. blm juga daerah kami sawah tadah hujan. saya sebenarnya ada pemikiran supaya petani di dusun kami maju, bangunlah saluran irigasi dan diadakannya organisasi2 kelompok petani yg di ksh arahan2. smg pemikiran saya di baca dan sebagai acuhan untuk menjadi lbh baik. thankssssssss

  7. Mari mas catur kita bersama-sama membangun desa tercinta kita.,mungkin dimulai dari lingkungan rumah kita sendiri..,

  8. Kradenan tahun 1998 tidak akan pernah Saya lupakan….2 bulan mengabdi sebagai mahasiswa KKN dari USM Semarang di desa Kradenan….matur nuwun atas segala yang telah diberikan, kami dibantu untuk melaksanakan tugas pengabdian kami…..Saya sudah lupa nama-nama warga di desa Kradenan….yang masih saya ingat ada Mas Master, Pak Kumis ( nama aslinya lupa, karena teman-teman banyak yang mmanggil begitu..karena kumisnya ), Pak PJS. Sunardi ( ketika itu masih reformasi jadi pak lurahnya katanya digulingkan )…..Maaf, lupa…karena sudah hampir 13 tahun yla…Waduk Nglangon….terimakasih semuanya….

  9. ini desa tempat aku di besarkan ya allah aku takan melupakan desa ini

  10. Maaf boleh koreksi mas ya,desa paling selata n yang berbatasan dengan kab.sragen,bukan simo,tapi bago. Bener ra…

  11. Assalamualaikum,kanggo dulu kabeh wong kradenan,sing ning kampung opo perantauan,monggo,perhatekne cargo desane,mayoritas keterlambatan untuk maju,baik individu opo kelompok warga,meh kabeh masalah berhulu dari ekonomi,sing menurut aku pribadi,Iku ra lepas soko berakarnya budaya semi “rente “,sing meh berlaku ning tiap kampung kampung,lewat tengkulak dagang,opo pemodal kuat……!!

    • mas purwanto,salam kenal mas,saya juga prihatin mas melihat keadaan didesa-desa ,apa panjenengan warga DESA BAGO mas?saya juga warga BAGO(prakitan)tapi tinggal dijakarta,tapi masih sering komunikasi sama saudara yang dikampung mas,suatu saat mudah-mudahan kita bisa duduk bareng mas urun rembug untuk cari solusi didesa,saya pernah ketemu sama pak senen ,(LURAH BAGO) saya ajak bicara beliau,saya arahkan untuk menghidupkan ekonomi desa tersebut,dan saya waktu itu menawarkan program desa mandiri,tapi Beliau menjawab, susah mas kata pak senen waktu itu,SDM gak mendukung Beliau,padahal,kalau masyarakat seluruh desa BAGO ,dikelola secara benar,yang berwenangkan Beliau sebagai KEPALA DESA,jangka lima tahun KELURAHAN DESA BAGO punya modal besar untuk kemajuan desa tersebut,sistemnya ada saya bilang bisa bantu………..semoga bermanfaat mas ,masukan dari saya,terima kasih

  12. This is my first time pay a visit at here and i am truly
    happy to read everthing at alone place.

  13. po yo , aku yo lagi wae kok

  14. yang butuh teknisi komputer dan printer bisa call 085 725 117 126

    bisa setting warrnet, pasang jaringan dll.

  15. This article gives clear idea in support of the new visitors
    of blogging, that genuinely how to do running a blog.

  16. With havin so much written content do you ever run into
    any issues of plagorism or copyright violation?
    My site has a lot of exclusive content I’ve either created myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my authorization. Do you know any methods to help reduce content from being ripped off? I’d certainly appreciate
    it.

  17. Very rapidly this web site will be famous amid all blogging and site-building people, due
    to it’s good posts

  18. Ajakan untuk semua perempuan di Kec Kradenan, mari hidupkan kembali Fatayat NU anak cabang Kradenan. bagi yang sepakat dan se ide dengan pendapat saya silakan hubungi saya di no: 081215043150 untuk siap menjadi pengurus

    selain itu juga dibutuhkan guru untuk SMP , TK dan KB Assalam

  19. What i don’t understood is actually how you’re no longer really a lot more
    well-appreciated than you may be now. You are very intelligent.
    You know thus considerably with regards to this topic,
    produced me in my opinion believe it from a lot of varied angles.

    Its like men and women are not fascinated unless it’s something to accomplish with Lady gaga! Your own stuffs great. At all times take care of it up!

  20. Aw, thiks was a really nice post. Spending some time and actual effort to make
    a topp notch article… but what can I say… I procrastinate a
    lot and don’t manage to get anything done.

  21. Penasan dng smber daya yg berkmbang pesat

  22. Aku bangga dadi w0nk dolog Rejosari..akeh seng pinter tur do menangan. By N_

  23. saya boleh tau nggak? Data mahasiswa UNNES yang pd thn 2008 KKN di ds Rejosari dan yg membantu mengajar di sdn 2 rejosari

  24. saya boleh tau nggak? Data mahasiswa UNNES yang pd thn 2008 KKN di ds Rejosari dan yg membantu mengajar di sdn 2 rejosari. Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: