Sudamanda

‘Sudamanda’, mengingat kata ini, akan membawa kita flashback kembali ke beberapa tahun silam. Sebuah permainan tradisional yang mengandalkan kekuatan kaki dalam bermain. Bayangkan, bahwa kita harus melompat dan bergerak hanya dengan satu kaki atau engklek mengikuti alur gambar sudamanda tersebut.

Beberapa jenis sudamanda yang saya ingat adalah sudamanda gunung dengan format gambar layaknya gunung dengan tangkuban setengah lingkaran di paling atas kotak. Sudamanda kuping dengan gambar kotak menyerupai bentuk manusia dengan kuping dikanan kirinya. Yang nggak bisa lepas dari permainan sudamanda ini adalah adanya GACOK atau potongan genting yang kita gunakan sebagai alat lempar ke kotak sudamanda tersebut. Bahkan dimasa kecil kita rela menyimpan GACOK siang malam hanya karena GACOK tersebut selalu tepat ketika kita lempar kedalam kotak sudamanda.  hehe..,pengin ketawa ketika mengingatnya..:D

Beberapa nama jenis sudamanda sudah sedikit lupa, baik itu format gambarnya ataupun peraturan engkleknya, mungkin ada yang bisa bantu untuk mengingatnya.,🙂

7 Tanggapan

  1. weleh ….sering dolanan iki toh………, nek wis intuk sawah disilang kotak e….:D

    • hehe..,bener..,bener..,pemenang dr permainan ini khan ditentukan oleh siapa yg duluan punya ‘sawah’ di semua kotak sudamanda.🙂

  2. permainan yang sudah jarang saya temui…

  3. gambarnya ada yang bentuk kincir angin…

  4. ada yang berbentuk kincir angin
    biasanya gak boleh lewat atau nginjak sawah milik lawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: