Kecamatan Kradenan Bebas BAB Sembarangan pada 2012

Plan Indonesia Program Unit Grobogan bekerjasama dengan Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Kabupaten Grobogan akan mencanangkan 10 kecamatan bebas Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

Pencanangan ini ditandai dengan penandatanganan deklarasi sepuluh kecamatan bebas BAB sembarangan oleh Wabup Icek Baskoro beserta sepuluh camat di Gedung Riptaloka Setda Grobogan.

“Dengan program ini diharapkan akan menekan angka penderita diare dan penyakit lainya yang disebabkan kurang terurusnya lingkungan sekitar masyarakat,” kata Wabup Icek Baskoro diacara yang juga dihadiri Nugroho Tri Utomo dari Direktorat Pemukiman dan Perumahan Bappenas, dan Atang Saputra dari Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Melalui program dua tahun ini, Plan Indonesia menargetkan masyarakat di 153 desa pada 10 kecamatan, yaitu Kradenan, Penawangan, Klambu, Tawangharjo, Tegowanu, Brati, Wirosari, Kedungjati, Godong, dan Karangrayung bebas BAB sembarangan. Sehingga diharapkan dapat menunjukkan perilaku hidup bersih  dan sehat.

“Target yang akan dicapai bukan membangun jamban tetapi perubahan perilaku masyarakat supaya melakukan BAB dengan benar dan sehat,” kata Eka Setiawan, WASH Program manager Plan Indonesia didampingi Program Unit Manager Plan Indonesia Grobogan, Lukas Kristian.

Sementara itu, Nugroho Tri Utomo dari Bappenas menuturkan pemerintah pusat telah mengalokasikan dana triliyunan rupiah untuk program bebas BAB sembarangan bagi 70 juta masyarakat atau 30 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Sumber :  suaramerdeka.com

4 Tanggapan

  1. Blog yang bagus.
    Terus kelola dan sebarkan berita dan informasi lain tentang kradenan.

    Salam
    Eko Widi

    • Eko Widi : Terima kasih, semoga bermanfaat.
      Mohon bantuannya apabila ada artikel mengenai kec kradenan untuk bisa di shared ke blog ini.

  2. wah,kok kecamatan gabus ga ikut diitung dalam program itu,ya….salam kenal mas..

  3. […] Kecamatan Kradenan Bebas BAB Sembarangan pada 2012 — 3 comments […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: