Grobogan Laksanakan PPMTAS di SD N II Desa Bago

potatoes-1Makanan tambahan menggunakan bahan lokal yaang diberikan kepada anak, agar mereka tumbuh dengan sempurna sebagamana harapan orang tua. Bahan lokal itu, seperti halnya kentang, telur, ubi-ubian dan lain sebagaimana yang tumbuh di sekitar kita. Sehingga makanan tambahan tersebut, tidak perlu mahal, namun tetap bergizi menggandung protein dan zat lainnya berguna yang diperlukan tubuh anak semasa berkembang.
Demikian diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Grobogan Ny. Hj. Dyah Nuryani Bambang Pudjiono yang didampingi Kepala SKPD terkait saat meninjau dan pemberikan makanan tambahan kepada siswa/siswi SD Negeri I dan SD Negeri II Bago Kecamatan Kredenan, belum lama ini.

Kegiatan itu merupakan PPMTAS (Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah) Pemerintah Pusat yang dicanangkan beberapa tahun lalu, dan dilaksanakan Pemkab Grobogan. Rombongan diterima Camat Kradenan Drs. A.Basuki Mulyono di ruang kerja Kepala SD Negeri I Bago.

Sebelum makanan tambahan diberikan kepada para siswa SD Negeri I dan II Bago, dalam kesempatan itu, Ny.Dyah Nuryani Bambang Pudjiono beserta rombongan, menyaksikan para siswa membasuh tangan menggunakan sabun, sebelum makan. Membasuh tangan menggunakan sabun, sebagai realisasi menyambut Hari Mencuci Tangan Dunia Menggunakan Sabun, yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2009.

Disela-sela pemberian makanan tambahan kepada siswa, Ny.Hj. Dyah Nuryani Bambang Pudjiono menjelaskan, bahwa membasuh tangan dengan sabun sebelum kanan harus dibudayakan kepada siswa sedini mungkin. Hal itu sebagai antisipasi terjangkitnya berbagai penyakit kepada anak-anak, melalui membasuh tangan sebelum makan.

Beberapa guru SD Negeri Bago I dan II kepada Kontributor JNR menjelaskan bahwa, sejak program pemberian makanan tambahan yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun lalu, pihak SD Negeri Bago I dan sekolah lainnya di desa ini menyambut dengan baik. Hal itu, terbukt bahwai sudah beberapa kali para siswa SD Negeri Bago I diberikan makanan tambahan menggunakan bahan lokal. Makanan tambahan itu seperti telur puyuh, kentang yang olah menjadi berbagai jenis masakan, dan jenis bahan lokal lainnya.

“Pemberian makanan tambahan kepada siswa ternyata banyak manfaatnya. Hal itu terbukti, sebelum anak diberikan makanan tambahan pertumbuhannya tidak begitu baik. Namun setelah diberikan makanan tambahan para siswa tumbuh dengan baik dan cerdas. Baru diberikan beberapa kali makanan tambahan para siswa berat dan tinggi badanya rata-rata bertambah beberapa centi meter, “kata Podo, Kepala SD Negeri I Bago.

Dikatakan, makanan tambahan kepada siswa pada masa mendatang akan terus diberikan, sesuai kemampuan sekolah. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada pihak sekolah akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung PPMTAS.

Sementara itu, Kepala Bidang SDM Bapermas (Badan Pemberdayaan Masyarakat) Drs. Ajdi Rohadi, MM menjelaskan bahwa, Pemerintah Pusat tahun 1995 telah mencanangkan PPMTAS untuk dilaksanakan oleh Pemerintah kabupaten/kota. Program itu sempat terhenti beberapa tahun, karena adanya reformasi.

Namun beberapa tahun kemudian PPMTAS dimulai lagi. Karena terbuti efektif memperdayakan masyarakat memanfaatkan bahan lokal untuk pemberian makanan tambahan, terutama kepada para siswa TK dan SD.
Untuk Kabupaten Grobogan PPMTAS tahun 2009 yang diberikan kepada 3 TK dan 7 SD sebanyak 835 anak, berada di Desa Tegalsumur Kecamatan Brati dan Desa Bago Kecamatan Kradenan. Program tersebut idealnya secara berkala diberikan sebanyak 108 kali, namun untuk Kabupaten Grobogan hanya 90 kali. Hal itu karena keterbatasan dana yang tersedia.

“Program yang terbukti bermanfaat tersebut untuk Kabupaten Grobogan pada masa mendatang akan terus diberikan sesuai kemampuan dana yang tersedia, “katanya.

Sumber : http://www.jawatengah.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: