Kebakaran Di Desa Pakis Karena Pediang

kebakaranMusibah kebakaran lagi-lagi menyapa wilayah Kabupaten Grobogan. Musibah kebakaran menghanguskan rumah Ngadiyem, 80, warga Dusun Ngagel RT1/1 Desa Pakis, Kecamatan Kradenan. Rumah bentuk blondoran dengan ukuran 10 meter kali 12 meter milik korban, tak bisa diselamatkan, hangus dilalap si jago merah.

Camat Kradenan Ahmad Basuki menyebutkan, kebakaran terjadi sekitar pulul 13.30. Menurut keterangan beberapa saksi mata, api pertama kali membakar bagian belakang rumah korban, yang biasa digunakan sebagai kandang hewan ternak. “Kuat dugaan api berasal dari api pediang yang dinyalakan di kandang tersebut,” ujarnya.

Ini dibenarkan Suhir, 45, tetangga korban, yang kebetulan melihat kejadian itu. Disebutkan, api dengan cepat membakar rumah korban yang terbuat dari kayu. Cuaca panas ditambah angin yang berhembus, membuat api sulit dipadamkan. Warga pun hanya bias berusha melokalisir api agar tak membakar rumah yang lain.

Usaha warga ini membuahkan hasil. Api yang meludeskan rumah korban tak sampai merambat kerumah yang lainnya. Karena musibah kebakaran ini, korban diperkirakan menanggung kerugian hingga Rp 20 juta rupiah. “Ulurantangan untuk meringankan beban korban sangat dibutuhkan saat ini,” ujarnya.

Meski kerap kali terjadi, Musibah kebakaran seolah tak pernah berhenti. Sebelum kejadian yang menimpa Ngadiyem ini, dua musibah kebakaran juga terjadi di Kabupaten Grobogan. Melihat kondisi ini, Kabag Kesra Pemkab Grobogan Nur Syahid tak henti-hentinya memperingatkan warga agar tetap berhati-hati dan waspada di musim kemarau ini. “Selain api pediang, korsleting dan rokok menjadi pemicu banyak musibah kebakaran. Jadi warga harus hati-hati,” imbaunya.

(Jawapos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: